Tuesday, Aug 09th

Anda Berada di : LAYANAN LAPORAN POLISI

LAPORAN POLISI

  • PDF

Laporan Polisi, merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang informasi tertulis berkaitan dengan suatu peristiwa yang diduga merupakan tindak pidana.

Laporan Polisi adalah bentuk formal atau implementasi dari bunyi pasal 1 ayat 24 UU RI Nomor 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang – Undang Hukum Pidana yang menjelaskan bahwa laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.

Suatu proses penyidikan tindak pidana biasanya dimulai dari adanya laporan, baik yang dilaporkan oleh korban maupun laporan yang dibuat oleh anggota polri sendiri karena menemukan peristiwa pidana, selanjutnya disebut dengan Laporan Polisi.

Laporan yang disampaikan oleh korban, akan diterima oleh Kesatuan Polri mulai dari Pos Polisi, Polsek, Polres/Polresta/Polrestabes, Polda sampai dengan Mabes Polri. Laporan polisi merupakan salah satu dasar untuk memulai penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara pidana. Oleh karena itu, laporan tertulis yang dibuat oleh korban atau pelapor memiliki arti yang sangat penting dalam rangka proses peradilan.

Laporan yang telah dibuat oleh pelapor atau korban akan ditindak lanjut oleh penyidik atau penyelidik dengan kegiatan penyelidikan untuk mengumpulkan alat bukti dan membuat terang peristiwa pidana yang dilaporkan. Lamanya proses penyelidikan akan tergantung pada tingkat kesulitan dalam memperoleh alat bukti. Semakin cepat alat bukti yang ditemukan maka akan semakin cepat proses penyidikan terhadap perkara yang dilaporkan.

Setiap laporan yang diterima harus dipertanggunjawabkan oleh penyidik, oleh karena itu apabila laporan tersebut cukup alat buktinya, maka harus segera dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum. Namun apabila hasil penyelidikan terhadap laporan tersebut tidak dapat memenuhi alat bukti, maka penyidik dapat menghentikan penyidikan dan penyelidikan yang dilakukan. Dalam hal pelapor merasa keberatan dengan proses penghentian penyidikan tersebut, maka mekanisme praperadilan dapat ditempuh melalui Pengadilan Negeri setempat.

PERSYARATAN

  1. Laporkan sesegera mungkin bila telah terjadi suatu tindak pidana bila terjadi pada diri sendiri / orang lain.
  2. Ajak orang lain yang mengetahui kejadian tersebut.
  3. Amankan TKP / barang bukti sebisa mungkin bilamana ada.
  4. Jelaskan secara jelas tentang kronologis kejadian.
  5. Usahakan membawa identitas diri ( KTP/SIM/Kartu Keluarga/Paspor ).
  6. Membawa identitas kendaraan apabila menjadi korban Curanmor.

 

 

 

5 Tersangka Komplotan Pencuri Truk Muatan Sawit Diringkus Polsek Tapung Hulu Kampar

5 Tersangka Komplotan Pencuri Truk Muatan Sawit Diringkus Polsek Tapung Hulu Kampar

 

TAPUNG HULU, ULASFAKTA.Com - Tim Opsnal Polsek Tapung Hulu Polres Kampar berhasil mengungkap kasus pencurian truk pengangkut sawit yang terjadi pada Jumat dinihari, (24/4/2020) di areal PKS PT. RKSS Desa Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu, Kampar.

Berkat kesigapan Unit Reskrim dan...

Unit Reskrim Polsek Tambang Bekuk Pelaku Curat

Unit Reskrim Polsek Tambang Bekuk Pelaku Curat

Tribratanewsriau – Unit Reskrim Polsek Tambang Polres Kampar telah mengamankan seorang tersangka kasus Pencurian dengan Pemberatan (Curat) atas nama DO (24) warga Desa Sawah Baru Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar,  Senin (22/1/2018)

Beri Himbauan Protkes di Kawasan Plaza Bangkinang, Kasat Lantas Polres Kampar Juga Bagikan Masker

Beri Himbauan Protkes di Kawasan Plaza Bangkinang, Kasat Lantas Polres Kampar Juga Bagikan Masker

BANGKINANG KOTA - Kasat Lantas Polres Kampar AKP Yulihasman S.Sos kembali turun memimpin anggotanya untuk memberikan himbauan tentang penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Terpantau pada Rabu siang (21/07/2021), AKP Yulihasman bersama personel Dik...

Selengkapnya...
20 Sepeda Motor Disita Polres Kampar Tengah Malam Akhir Pekan

20 Sepeda Motor Disita Polres Kampar Tengah Malam Akhir Pekan

Jajaran Polres Kampar di malam akhir pekan, Minggu (4/8/2019) dinihari kembali menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD). Kegiatan ini berfokus untuk mengantisipasi balap liar yang sering dilakukan para remaja saat malam minggu maupun sebagai upaya pencegahan kriminalitas jalanan.

Operasi ini dilakukan jajaran Polres Kampar saat tengah malam tiba. Ini dilakukan mengingat banyaknya ak...

Selengkapnya...